Gunakan 9 Kata Ajaib ini untuk Mempengaruhi Orang dengan Mudah

by -3,126 views

Oleh : Yusriadi, SE, MM (Praktisi Pengembangan SDM)

Kata-kata sepertinya terlihat sangat sederhana dan tidak penting, tapi memiliki efek yang luar biasa pada orang lain. Jika Anda menggunakan kekuatan kata-kata, apalagi ditambah dengan keterampilan Anda berbicara, maka Anda dapat mempengaruhi keputusan orang lain. ini Sembilan kata ajaib yang dapat mempengaruhi lawan bicara anda.

  1. Karena (kata yang berkaitan dengan logika)
    Sangat mudah untuk meyakinkan orang lain dengan trik menggunakan alasan. Bahkan jika alasan tersebut sebuah omong kosong. Metode ini diselidiki oleh para peneliti dalam sebuah tes dan terjawab secara positif. Dalam penelitian tersebut, sekelompok orang berdiri dalam antrian fotocopy, dan hanya 7% orang yang menentang permintaan bahwa “bisakah Saya lebih dahulu mengambil kopian, karena saya sangat terburu-buru.”
  2. Hanya (kata ini digunakan untuk menganggap atau menjadikan sesuatu menjadi kurang penting)
    Menggunakan kata-kata seperti “hanya” dan “cuma” biasanya untuk mengurangi efek ungkapan negatif pada orang yang ada dihadapan Anda, dan kemungkinan dia akan menolak kata-kata yang dia dengar dari Anda akan sangat rendah.
  3. Masih (kata pengharapan)
    Jika Anda menambahkan kata “masih” ke dalam kalimat Anda (misalnya, “Saya masih belum mengetahuinya”), Anda secara otomatis mendapatkan kepercayaan dari pendengar dan memberinya perasaan bahwa Anda hanya memerlukan lebih banyak waktu untuk mencapai sesuatu.
  4. Penyebutan angka dan statistik (pada masalah ilmiah)
    Jika Anda menggunakan angka dan statistik untuk membenarkan pernyataan Anda, kemungkinan para pendengar akan percaya kata-kata Anda akan meningkat secara signifikan.
    Hati-hati, terlalu banyak menggunakan angka, dan statistik juga akan memberikan hasil yang sebaliknya.
  5. Persis (menggunakan kata ini untuk menunjukkan keakuratan)
    Informasi yang akurat akan meningkatkan kredibilitas Anda ke titik di mana para pendengar akan mempercayai setiap yang Anda katakan.
  6. Kami (menciptakan rasa kesamaan)
    Kata ini akan membuat orang yang Anda ajak bicara merasa berbagi dengan Anda dan lebih mudah menyetujui pernyataan Anda.
  7. Segera (ungkapan kebutuhan)
    Kata “cepat”, “segera” atau “seketika” dapat memiliki efek layaknya obat candu dan menyebabkan reaksi otak.
    Dalam pemindaian otak, di alam bawah sadar individu, ternyata hanya mendengar kata-kata ini bisa menimbulkan harapan untuk melakukan sesuatu dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga dengan cepat akan meyakinkan orang tersebut.
  8. up to date (kekinian)
    Menerapkan kata ‘up to date’ atau ‘kekinian’ memberikan informasi bahwa pengetahuan Anda saat ini dan fakta mutakhir.
  9. Menyebut nama lawan bicara Anda disertai kata ‘Tolong’

Tidak ada kata yang memiliki efek kuat selain menyebut nama lawan bicara Anda. Menyebutkan kata “tolong” sebelum atau setelah nama orang yang Anda ajak bicara akan mendorong dia untuk mengkonfirmasi kata-kata Anda. Memberikan pujian dan sanjungan Ketika orang disanjung dan dipuji, maka Anda akan memiliki kesempatan yang besar untuk bisa mengambil kesepakatan dari orang yang Anda ajak bicara. Dengan demikian marilah kita berlatih untuk memilih kata-kata yang tepat ketika berkomunikasi agar maksud dan tujuan kita lebih mudah diterima sehingga orang akan mudah terpengaruh, bagaimana pendapat anda, apakah sama ?