Bappeda Pekanbaru Tampung Masukkan Masyarakat Dalam Konsultasi Publik Pembahasan RKPD 2023

by -347 views
Kepala Bappeda Pekanbaru Ahmad ST.MT

PEKANBARU, Saturealita.com-Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Pemeritah Kota (Pemko) Pekanbaru, melaksanakan kegiatan konsultasi publik.

Kegiatan konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Sementara itu, konsultasi publik merupakan sebuah wadah untuk merampungkan segala masukkan dari peserta yang terdiri masyarakat.

Masukkan ini terkait apa yang sedang disusun untuk menyiapkan konsep permasalah yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

“Untuk kegiatan kali ini, kita menyiapkan tiga kelompok yang menjadi peserta. Hal ini dilakukan, menimbang masih tingginya penyebaran covid-19 dan melaksanakan protokol kesehatan (Prokes), sehingga tidak menumpuk jadi satu”, kata Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Ahmad ST.MT, Rabu, (9/2/2022) usai kegiatan.

Ahmad menjelaskan, tiga ruangan tersebut meliputi, ruang I, khusus membahas Sumberdaya manusia (SDM) terkait dengan kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

Untuk ruangan II, mengenai insfratruktur yang ada dikota Pekanbaru dan ruangan III tentang perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Sehingga menjadikan khusus starategi yang akan dilaksanakan.

Acara dihadiri oleh, para perangkat daerah, tokoh masyarakat, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, BUMD, BUMN, insan vertikal seperti balai jalan, transportasi dan unsur para Camat.

Sedangkan yang menjadi prioritas adalah pembahasan insfratruktur masukkan dari peserta mengenai banjir dan bagaimana solusi perbaikannya, penanggulangan bencana, kemacetan lalulintas jalan salah satunya di perempatan simpang arengka dan banyak lainnya.

“Kita akan menampung semuanya masukkan yang disampaikan masyarakat, kemudian disusun dalam progam insfratruktur kota Pekanbaru”, ungkapnya.

Mengenai harapan, jelas apa yang menjadi masukkan dari masyarakat maupun peserta, nantinya akan di dokumenkan dalam perencanaan tahunan 2023 mendatang.

“Apa yang menjadi masukkan, akan kita jadikan pembahasan untuk penyusunan RKPD 2023 berikutnya”, tutupnya (***).