Polesan HUT RI ke-77 Tahun, Perlombaan Panjat Pinang Menjadi Idola Setiap Tahunya

oleh -268 views
Suasana perlombaan panjang pinang ala RT 04 Kelurahan Sialang Sakit Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru

PEKANBARU,Saturealita.com-Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77 tahun dirayakan seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Dalam memeriahkan HUT RI, kerab diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan maupun pertandingan, dengan tujuan membangkitkan semangat kebangsaan sebagaimana yang telah dilahirkan para pejuang merebut kemerdekan Indonesia dengan cara berkorban jiwa dan raga.

Begitu pula masyarakat RT 04 kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, mengisi HUT RI ke-77 dengan mengelar berbagai perlombaan.

“Antusias masyarakat kami begitu besar dalam mengikuti bermacam perlombaan yang digelar sejak pagi hingga sorenya. Terutama perlombaan panjat pinang yang menjadi idola setiap tahunnya”, kata Ketua RT 04 Kelurahan Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, Triyono, Rabu, (17/8/2022) diselah pertandingan.

Dikatakan Triyono, perlombaan sebagaimana biasanya yang dilakukan setiap tahunannya seperti, Balap karung, tarik tambang, bola kaki sarung, masuk kan pensil di botol, goyang balon, makan kerupuk dan mengambil uang di buah pepaya muda dioles dengan pewarna.

Kemudian dirinya menegaskan, mengenai berbagai hadiah diperlombakan dari swadya masyarakat itu sendiri.

“Kita tidak menjalankan permohonan bantuan hadiah kepada pihak lain. Ini murni dari swadaya kita untuk kita,” tegasnya.

Selain berbagai perlombaan, tujuan utama diselenggarakan kegiatan ini, agar memperkokoh nilai kebangsaan seutuhnya.

“Apapun namanya, kita wajib menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan cara memperkokoh nilai kebangsaan ini, agar masyarakat mengerti akan perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah yang telah terukir dalam sejarah bangsa ini,” tutupnya. (***)