Ayo Ramaikan dan Saksikan ”Pentas Seni Rakyat Riau 2022” KPA Gubri dan LP2MR

oleh -459 views

PEKANBARU,Saturealita.com- Semarak Hari Jadi Riau ke-65 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Kantor Penasihat Ahli (KPA) Gubernur Riau bidang Informasi dan komunikasi bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Budaya Melayu Riau (LP2MR) mengelar kegiatan, “Pentas Seni Rakyat Riau 2022”.

Kegiatan ini, rencananya akan digelar pada hari Ahad pagi, (28/8/2022) bertempat areal kawasan Jalan Cut Nyak Dhien Pekanbaru.

Adapun pentas seni nantinya, akan diisi dengan berbagai hiburan nyanyian, musik rakyat, tarian tradisional, Kampung Silat Tuah Negeri Melayu Alam Mayang serta pembacaan puisi dan pantun.

Ketua panitia Pentas Seni Rakyat Riau Tahun 2022, H Dheni Kurnia dalam keterangan pers, Jumat (26/8/2022) bahwa, Pentas Seni Rakyat Riau 2022, selain pergelaran hiburan rakyat, juga rasa syukur atas anugerah kemerdekaan yang diberikan Allah SWT kepada Bangsa Indonesia

Dheni menambahkan, Kegiatan semacam ini, juga sebagai upaya untuk melestarikan seni dan musik tradisi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Provinsi Riau.

“Sesuai dengan tema HUT Riau ke-65, yakni Riau Unggul, kegiatan pentas seni rakyat tersebut menampilkan para seniman, penyair dan penyanyi Riau yang sudah sering tampil di manca negara. Nama-nama penyair kondang Riau seperti Aris Abeba, Fakhunas MA Jabbar, Taufik Ikram Jamil,” jelas Dheni Kurnia juga selaku Penasehat Ahli Gubernur Riau bidang informasi dan komunikasi.

Dijelaskannya juga, banyak seniman dan sastrawan serta tarian tampil unjuk kebolehannya menyemarakkan Pentas Seni Rakyat Riau. Seperti grup tari Rentak Bulian talang mamak dari Kabupaten Indragiri Hulu, Batobo dari Kabupaten Rokan Hulu, Tarung Silat Sarung Bugis dan penampilan Kampung Silat Tuah Negeri Melayu Alam Mayang Pekanbaru.

Pentas seni Riau, sebut Dheni Kurnia, juga sebagai sarana pengembangan bakat serta membudayakan kesenian semua suku yang ada di Riau.

Pentas Seni Rakyat Riau Tahun 2022 rencananya akan dibuka langsung Gubernur Riau Drs Syamsuar Pukul : 08.00 dan berakhir sampai pukul 11.00 WIB.

Menurut Dheni, Gubri berharap pelaksanaan acara Pentas Seni Rakyat Riau 2022 dapat berjalan dengan baik dan menjaga ketertiban umum serta melakukan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah melalui Dinas Kesehatan Riau. (***)