Kembangkan Kreativitas Lokal, Kenduri Riau 2022 Kembali di Gelar

oleh -124 views
Foto Saturealita.com 2022

PEKANBARU, Saturealita.com-Dinas Pariwisata (Dispar) Riau kembali mengelar iven Kenduri Riau 2022 bertempat Bandar Serai Idrus Tintin mulai 29 September hingga 2 Oktober 2022.

Sebelumnya, iven ini juga sukses digelar Pada tahun 2021 lalu bertempat di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Adapun pada iven Kenduri Riau mengusung tema seperti tahun lalu yakni, ‘Hela Muara Takkan Putus Air Dicincang’

Dijelaskan Kepala Dispar (Kasidpar) Riau Roni Rahmat, Hela Muara berarti perairan sungai yang ada di Provinsi Riau. Sedangkan perairan sungai mayoritas dihuni oleh berbagai suku dan berbaur kelompok masyarakat yang tidak akan putus tali persaudaraan itu sendiri.

“Seperti tahun lalu, sebelum opening dimulai, terlebih dahulu berbagai kegiatan bazar telah memenuhi stan, Kamis siang, (29/9/2022) hari ini,” jelasnya.

Kemudian dirinya menyebutkan, untuk opening ditetakan pada hari Jum’at malam, (30/9/2022) dan direncanakan langsung dibuka oleh Gubernur Riau, H. Syamsuar.

Selanjutnya, kalau Kenduri Riau tahun 2021 di Alam Mayang Pekanbaru, dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia Erick Thohir

“Untuk tahun ini, akan hadir Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI Ni Wayan Giri Adnyani, Staf Ahli Kemenpar, Ketua Menteri Melaka, (Dr). H. Sulaiman Bin MD Ali, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhi dan Kadisparkraf Provinsi Banten H. Al Hamidi S.Sos MSi,” urainya.

Sementara itu, berbagai acara dalam perhelatan Kenduri Riau meliputi macam pertunjukan diantaranya live performance lokal, art exhibition, creative showcase, gathering community, art local competition, instalation art, talkshow dan pemilihan Bujang Dara Riau 2022

Selanjutnya juga berbagai perlombaan nasyid yang sudah masuk final dalam penyisian sebanyak 80 grup berjumlah 18 grup se Riau dan lomba kompang kreasi diikuti 8 grup yang mayoritas dari pesisir.

Tak kala pentingnya, berbagai atraksi musik seperti orkes Melayu, festival band anak sekolah, lomba mural yang diikuti sekitar 36 peserta se Riau, komunitas reptil dan pemutaran film pendek karya anak Riau akan mewarnai giat Kenduri Riau nantinya.

“Para pengunjung, jangan lupa, menikmati 8000 buah durian varietas lokal dengan kualitas premium dengan haraga 15 ribu rupiah,” bebernya.

Terakhir, Roni menjelaskan kegiatan ini juga bemuara pada pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terpanjang dibeberapa stan depan Gedung Indrus Tintin.

“Kabar yang kami terima, wisatawan dari manca negara Australia dan Amerika, juga akan hadir untuk menyaksikan langsung Iven kearifan lokal secara nasional di Kenduri Riau. Saya akan berikan kursi khusus bagi dua wisatawan tersebut,” tutup Roni. (***)