Visualkan Sosok Imajiner

oleh -162 views
Foto ist

PEKANBARU,Saturealita.comDalam teks “Tengku Mahkota Seri Buantan” tergambar pula kisah cinta yang mengambang antara Raja Kecil (Sultan Abdul Jalil Ahmad Syah – Pendiri Kerajaan Buantan; cikal bakal Kerajaan Siak Sri Indrapura Dar al-Salam al-Qiyam) dengan dua istrinya, Tengku Mahbungsu dan Encik Kecil Putri Dipati.

Kedua tokoh perempuan itu, tidak wujud secara fisik ke panggung dalam teks asli SPN GP Ade Dharmawi. Sedang dalam teks baru yang digarap Reza Akmal, keduanya divisualkan untuk menguatkan keinginannya. Sang Sutradara sengaja menghadirkan kisah cinta Raja Kecik alias Sultan Abdul Jalil Ahmad Syah dengan kedua istrinya itu. Baginya kisah percintaan selalu diminati dan dinanti-nanti penonton.

“Ya, setidaknya kisah asmara, apapun endingnya, selalu diminati orang. Itulah alasan kenapa saya menghadirkan dua perempuan hebat tersebut,” ungkap Reza Akmal usai pertunjukan, Sabtu (26/11/2022) lalu.

Encik Kecil Putri Dipati adalah istri pertama yang setia mendampingi sejak Raja Kecik belum jadi apa-apa. Meski bukan gahara seperti Tengku Mahbungsu (Permaisuri Raja Kecik dan Bunda Tengku Buang Asamara), Putri Dipati terus mendamping suaminya, bahkan saat berperang dengan musuh.

Cuplikan persaingan itu tertuang dalam salahsatu dialog Tengku Mahbungsu;

“Kanda, bukan semuanya untuk dinda.
Hak yang sama juga ada pada kakanda Encik Kecil Putri Dipati. Secara lahiriah: poligami memang mudah tapi secara bathiniyah pasti ada yang terluka. Sepandai-pandai menutupi luka, namun perihnya tetap terasa. Kanda, dinda telah menyakiti hati dua wanita: Pertama, Tengku Tengah kakanda dinda sendiri, ketika kanda berencana meminangnya tetapi membatalkan kemudian memilih dinda.

Kedua, kakanda Putri Dipati, terpaksa dimadu tanpa pernah kanda meminta persetujuannya menikahi dinda…
Kebahagiaan apa namanya yang dinda peroleh jika orang yang dekat dengan dinda dan kanda menderita…”

Pergulatan cinta yang rumit dan berbelit menjadi sumber sengketa yang tak kunjung selesai. Bahkan dalam beberapa kisah lain, bercerainya cinta kasih mengakibatkan perang dan berpisahnya negeri (kerajaan) menjadi dua, bahkan lebih. (***)