Cegah PMK, Babinsa Ingatkan Para Peternakan Kambing

oleh -37 views

PEKANBARU (Saturealita.com)-Anggota Koramil 07/Tenayan Raya Kodim 0301/Pekanbaru, Sertu Karjo melaksanakan kegiatan Komunikasi sosial (Komsos).

Kegiatan ini, diketahui bersama dengan Wagino pemilik ternak kambing beralamat Jalan Jawa Kelurahan Sialang Sakti kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, Selasa, (13/2/2024)

Babinsa Sialang sakti Sertu Karjo anggota mengatakan bahwa sesuai edaran dari dinas kesehatan, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Jenis penyakit ini, disebabkan karena virus yang dapat menyerang pada hewan ternak berkuku empat atau ternak besar.

Babinsa menghimbau kepada warga untuk tidak takut melaporkan kepada petugas kalau ternaknya kena PMK.

“Saya katakan, jika didapati hewan ternak jenis kaki empat, seperti kambing dan sapi dengan ciri ciri keluar air liur berlebihan, lepuh luka pada kuku (kuku terkelupas) lepuh pada mokusa mulut cepat lapor kepada instansi terkait”, jelas Sertu Karjo.

Perkembangan 30 ekor kambing milik Wagino dalam keadaan baik, karena rutin dilakukan penyuntikan melalui dokter hewan dan diberi vitamin serta pakan yang cukup.

“Kami menghimbau kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan. Para peternak harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah virus PMK”, tutupnya. (***)

saturealita