Ternyata Pekanbaru, Kota Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Provinsi Riau

oleh -134 views
Ilustrasi pengangguran, Ternyata Pekanbaru, Kota Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Provinsi Riau

PEKANBARU, (saturealita.com) – Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Riau tahun 2023 mengungkapkan bahwa Kota Pekanbaru menjadi sorotan dengan tingkat pengangguran yang mencapai 30.661 jiwa. Angka ini menempatkan Pekanbaru sebagai kota dengan jumlah pengangguran tertinggi di antara 12 kabupaten/kota di Riau.

Tantangan ini menciptakan keprihatinan serius di kalangan pemerintah dan masyarakat. Angka pengangguran yang signifikan ini menjadi indikator adanya ketidakseimbangan di pasar tenaga kerja Pekanbaru.

Berikut adalah data tingkat pengangguran di beberapa kabupaten/kota lain di Riau berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Riau tahun 2023:

Pekanbaru : 30.661 jiwa
Bengkalis: 18.620 jiwa
Rokan Hilir: 14.073 jiwa
Siak: 13.253 jiwa
Kampar: 12.923 jiwa
Rokan Hulu: 9.899 jiwa
Indragiri Hulu: 5.632 jiwa
Kepulauan Meranti: 5.437 jiwa
Indragiri Hilir: 5.271 jiwa
Pelalawan: 4.497 jiwa
Kuantan Singingi: 4.108 jiwa

Beberapa kalangan berpendapat bahwa kebijakan pembangunan tidak selalu sejalan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya diversifikasi ekonomi, yang dapat menjadi kendala dalam menciptakan peluang kerja yang beragam.

Walaupun dihadapkan pada tantangan yang signifikan, banyak yang berharap bahwa situasi ini akan memicu inovasi dan reformasi yang lebih baik. Dengan kolaborasi yang kuat dan implementasi kebijakan yang tepat, diharapkan Pekanbaru dapat mengatasi statusnya sebagai kota pengangguran tertinggi dan membuka jalan menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif. (***/s.topan)

saturealita