Babinsa Koramil 04/Limapuluh Gelar Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

oleh -40 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Pada Ahad, 16 Juni 2024 pukul 11.00 WIB, Babinsa Koramil 04/Limapuluh Serma Ucok A Hsb mengadakan patroli dan sosialisasi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Koramil 04/Lph Kodim 0301/Pekanbaru.

Patroli ini melintasi rute Jalan Padat Karya RT/RW.01/01, Jalan Raja Panjang Okura RT/RW.02/02 dan RT/RW.02/04, serta Jalan Lingkar Danau Buatan RT/RW.01/13 Kelurahan Lembah Sari Kecamatan Rumbai Timur.

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran di daerah rawan terbakar serta mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan dampak karhutla.

Koordinat lokasi yang dipantau adalah Lat 0.581384° dan Long 101.5325°, di mana hasilnya menunjukkan tidak ada hotspot, titik api, maupun titik asap.

“Patroli ini merupakan langkah preventif yang penting untuk menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan, terutama di musim kemarau,” ujar Serma Ucok A Hsb.

Ia juga menambahkan “Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih waspada dan proaktif dalam mencegah karhutla.”

Patroli ini melibatkan 1 personel TNI dan 2 anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), serta dilengkapi dengan 1 unit sepeda motor patroli. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah kerugian yang lebih besar akibat karhutla.

Diharapkan dengan adanya patroli rutin dan sosialisasi ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan bersama-sama mencegah terjadinya karhutla di wilayah Pekanbaru. (***/s.topan)