Babinsa Koramil 04/Limapuluh Gencarkan Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutla

oleh -54 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau, Babinsa Koramil 04/Limapuluh, Serma Ucok A Hsb, melaksanakan patroli dan sosialisasi di wilayahnya pada Sabtu,( 22/6/2024) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kegiatan ini, menjadi langkah nyata TNI dalam melindungi lingkungan dari ancaman kebakaran.

Patroli ini mencakup rute strategis di Kelurahan Tebing Tinggi Okura dan Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur. Lokasi-lokasi yang disasar meliputi, Jalan Padat Karya RT 01 RW 01,
Padat Karya RT 02 RW 01, Raja Panjang Okura RT 02 RW 04 dan Lingkar Danau Buatan RT 01 RW 13.

Serma Ucok A Hsb, dengan dukungan dua anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) dan 1 unit sepeda motor, berfokus pada area-area yang rawan kebakaran.

Dalam patroli ini, mereka memastikan tidak ada hotspot, titik api, maupun titik asap yang terdeteksi di koordinat Lat 0.580657°, Long 101.488918°.

“Dengan patroli dan sosialisasi ini, kami berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Serma Ucok A Hsb.

Ia juga menambahkan “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan kesiapan dan respons cepat dalam menghadapi potensi kebakaran.” paparnya.

Partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungannya sangat diharapkan. Selain melakukan patroli, TNI dan MPA juga memberikan edukasi tentang cara-cara pencegahan kebakaran dan langkah-langkah penanganan awal jika terjadi kebakaran.

Melalui tindakan nyata ini, diharapkan wilayah Koramil 04/Limapuluh tetap aman dari ancaman Karhutla, sehingga kualitas udara dan ekosistem tetap terjaga. (***/s.topan)