Babinsa Koramil 07/Tenayan Raya Gelar Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Pekanbaru

oleh -37 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Babinsa Koramil 07/Tenayan Raya, Kodim 0301/Pekanbaru, Sertu Karjo, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat setempat mengenai pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta untuk memastikan tidak ada aktivitas pembakaran yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Pada Rabu, (12/6/2024) Sertu Karjo beserta personel lainnya mengunjungi lima lokasi rawan kebakaran di wilayah Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Adapun lokasi-lokasi tersebut antara lain, Jalan Badak kanan, Simpang Jengkol RW 05, Badak Ujung RT 02 RW 08 dan Budi Bhakti RT 01 RW 08, Kelurahan Sialang Sakti.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Di sela-sela kegiatan, Sertu Karjo juga memantau kondisi terbaru titik hotspot di wilayah tersebut. Posko Karhutla yang berada di koordinat Latitude: 0,506036′ dan Longitude: 101.518903′ menunjukkan situasi yang sangat baik, dengan status hotspot, titik api, dan titik asap yang nihil. Ini menandakan bahwa upaya pencegahan yang telah dilakukan sebelumnya berjalan efektif.

Dalam kegiatan ini, Babinsa tidak bekerja sendirian. Dukungannya dari personel Masyarakat Peduli Api (MPA) juga sangat vital. Jumlah personel yang terlibat dalam patroli dan sosialisasi ini adalah satu orang TNI dan satu orang dari MPA. Mereka dilengkapi dengan SPM (Sepeda Motor Patroli) untuk memudahkan mobilitas dan memantau wilayah secara menyeluruh.

Sertu Karjo memberikan himbauan langsung kepada warga setempat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Kita semua harus berperan aktif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Mari kita jaga lingkungan kita agar tetap hijau dan bebas dari kebakaran,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan warga untuk selalu melaporkan jika melihat adanya potensi kebakaran atau kegiatan membakar lahan kepada petugas terdekat.

Kegiatan ini menunjukkan pentingnya sinergi antara masyarakat dan aparat dalam menjaga kelestarian hutan dan lahan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat, diharapkan kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, sehingga ekosistem dan keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

Melalui patroli dan sosialisasi ini, Koramil 07/Tenayan Raya bersama dengan masyarakat bertekad untuk terus memperkuat upaya pencegahan Karhutla di Pekanbaru.

Ke depan, diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan dan lebih melibatkan berbagai pihak guna menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi semua. (***/s.topan)