Babinsa Rumbai Timur Galakkan Patroli Cegah Karhutla

oleh -51 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pekanbaru, Babinsa Wilayah Koramil 04/LPH, Sertu Santoso, melaksanakan patroli dan sosialisasi pada Jumat (21/6/2024) pukul 11.30 WIB.

Kegiatan ini menyasar beberapa titik rawan di Kecamatan Rumbai Timur, termasuk Kelurahan Sungai Ukai, Lembah Sari, Pramuka, Tebing Tinggi Okura, dan Sungai Ambang.

Dalam patrolinya, Sertu Santoso mengimbau warga agar tidak membakar hutan dan lahan, sebuah praktek yang sering kali memicu karhutla yang merugikan.

“Kami terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran sembarangan. Ini demi kebaikan kita bersama,” ujar Sertu Santoso.

Posko Karhutla yang berlokasi di koordinat 0°34’20″N, 101°22’28″E, saat ini menunjukkan kondisi yang aman dengan nihilnya hotspot, titik api, dan titik asap. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan yang dilakukan sejauh ini membuahkan hasil positif.

Kegiatan patroli ini melibatkan satu personel TNI dan satu anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), dengan menggunakan satu unit sepeda motor patroli (SPM).

Kehadiran TNI dan MPA di lapangan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mencegah karhutla.

“Kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Karhutla tidak hanya merugikan secara ekonomi, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan hidup,” tambah Sertu Santoso.

Dengan kolaborasi antara TNI, MPA, dan masyarakat, diharapkan wilayah Kecamatan Rumbai Timur tetap bebas dari ancaman karhutla.

Upaya ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi risiko bencana. (***/s.topan)