Kolaborasi Lintas Sektoral untuk Kesehatan Masyarakat di Rumbai Timur

oleh -22 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Dalam upaya memperkuat kesehatan masyarakat, Puskesmas Rumbai menggelar kegiatan Lintas Sektoral pada Rabu, (12/6/2024) di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur, kota Pekanbaru. Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai pihak penting yang berperan dalam pembangunan dan kesehatan masyarakat setempat.

Danpos Ramil Rumbai Timur, Peltu Aswardi, hadir mewakili Danramil 04/Limapuluh. Kehadirannya menunjukkan dukungan TNI dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Peltu Aswardi menyampaikan, “Kolaborasi lintas sektoral seperti ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis. Kami dari TNI siap mendukung setiap inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat.”

Camat Rumbai Timur, Bapak Syamsuddin S.Sos, juga turut hadir dan menyampaikan apresiasinya terhadap Puskesmas Rumbai yang telah menginisiasi kegiatan ini.

“Sinergi antara pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat adalah kunci utama dalam menciptakan perubahan positif di bidang kesehatan,” ujar Syamsuddin.

Kapolsek Rumbai Timur yang diwakili oleh Iptu S Simanjuntak menambahkan bahwa pihak kepolisian selalu siap bekerja sama dalam memastikan keamanan dan kelancaran setiap program kesehatan yang dijalankan.

Kepala UPT Puskesmas Rumbai, Ibu Hj. Dince Safrina S.ST., M.K.M, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi semua pihak dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumbai Timur.

“Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, kami optimis bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan komprehensif,” katanya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Tim PKK Kecamatan Rumbai Timur, Ibu Syamsuddin S.Sos, yang menggarisbawahi peran ibu-ibu kader PTM (Posbindu Terpadu) dalam edukasi kesehatan dan pencegahan penyakit tidak menular.

“Para kader adalah ujung tombak dalam memberikan informasi kesehatan langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Dr. Surti, Penanggung Jawab UKM di Puskesmas Rumbai, menambahkan bahwa peran lintas sektoral sangat penting dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kompleks.

“Kami berusaha untuk melibatkan semua lapisan masyarakat agar program kesehatan dapat berjalan lebih efektif,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan para Lurah, Ketua RW, perwakilan guru dari sekolah-sekolah di Kecamatan Rumbai Timur, serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Kolaborasi yang solid ini diharapkan mampu mewujudkan Rumbai Timur sebagai kawasan yang sehat dan sejahtera.

Acara ini berakhir dengan komitmen bersama untuk terus berkolaborasi dan mendukung program-program kesehatan di masa depan, demi tercapainya masyarakat Rumbai Timur yang lebih sehat dan kuat. (***/stopan)