LAM Rumah Besar Kebudayaan di Riau

oleh -56 views
oleh
Foto bersama usai pertemuan

PEKANBARU (saturealita.com)-Forum Komunikasi Jaranan Kuda lumping (FKJK) dan kelompok pecut Samandiman Riau, Rabu (10/7/2024), bertandang ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

Kehadiran FKJK dan Kelompok Pecut Samandiman yang dipimpin Drs. Riyono Gede Trisoko MM disambut hangat Ketua Majilis Kerapatan Adat (MKA) Datuk Seri HR. Marjohan Yusuf dan Datuk Timbalan Rustam Effendi.

Pada kesempatan kunjungan ini, Riyono Gede Trisoko selaku pembina FKJK dan Samandiman Riau mengucapkan terima kasih atas kehadiran LAM pada acara Pekan Raya Wisata yang bertemakan Budaya, Kuliner dan Rekreasi yang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 Juni yang lalu sebagai penutup Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-240 tahun 2024.

Kegiatan kunjungan, juga disertai kehadiran Ketua FKJK Riau Sularno dan Ketua Pelaksana pergelaran pecut Samandiman Suwardi yang akrab disapa Nepo.

“Perlu diketahui, anggota kesenian kami berasal dari berbagai suku yang ada di Indonesia ini”, ungkap Sularno kepada media online ini.

Pada kesempatan ini, Ketua M KA, Datuk Seri H R. Marjohan Yusuf menyampaikan bahwa “Kami bangga atas pelaksanaan kegiatan Taman Rekreasi Alam Mayang beserta kawan-kawan semua kebudayaan yang menyelenggarakan pekan raya bertemakan Budaya, Kuliner dan rekreasi sebagai atraksi menghibur masyarakat”, katanya bersemangat.

Ditegaskan Datuk Seri HR. Marjohan Yusuf dalam kegiatan kemarin, juga bermuatan pelestarian budaya. Dalam hal ini, LAMR terbuka untuk semua kebudayaan karena LAMR merupakan rumah besar bagi kebudayaan masyarakat di Riau.

Senada dengan Datuk Seri HR. Marjohan Yusuf, Datuk Timbalan Rustam Effendi menyampaikan, “kami mengucapkan terima kasih kepada Taman Rekreasi Alam Mayang yang telah memberi ruang lingkup yang luas kepada masyarakat dan semua pelaku kebudayaan untuk tampil sebagai sebuah atraksi yang menghibur dan kita berharap jalan kerjasama mempererat kehidupan masyarakat Riau dengan berbagai kebudayaan-kebudayaan berjalan dengan baik”, terangnya.

Usai kunjungan ke LAMR, sore harinya dilanjutkan bertandang ke Ketua LAM Pekanbaru, Datuk Seri Muspidauan SH.MH juga menyampaikan rasa bangga atas terlaksananya Pekan Raya Wisata yang menampilkan atraksi kebudayaan.

“Kami berharap kerjasama ini, dapat berlanjut sebagai pererat silaturami kehidupan dan gambaran keterbukaan masyarakat di Kota Pekanbaru. sehingga mampu mendukung kehidupan sosial dan perekonomian yang ada di Pekanbaru khususnya Provinsi Riau pada umumnya”, tutupnya. (***)