Pasangan Nawaitu, Silaturahmi dan Tunjuk Ajar ke LAMR

oleh -141 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Pasangan bakal calon (balon) Gubernur Riau H. Muhammad Nasir dan Wakil Gubernur Riau dan H. Muhammad Wardan, bersilaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau.

Silaturahmi dilakukan, Rabu, (19/06/2024) tidak hanya berdua, pasangan berjuluk Nawaitu (Nasir-Wardan untuk Riau Bersatu) datang dengan sejumlah pendukung dan fungsionaris partai Demokrat Riau.

Selain, H. Muhammad Nasir dan H. Muhammad Wardan, turut pula hadir menemani, anggota DPRD Riau, Eddy Moh. Yatim, mantan Sekda Bengkalis, Datuk Burhanudin, tim sukses, dan sejumlah pengurus partai Demokrat Provinsi Riau.

Sementara dari LAMR Provinsi Riau, hadir Ketua Umum MKA, Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Sekum LAMR, Datuk Alang Rizal, Sekum DPH, Datuk Jonnaidi Dasa, Datuk Najib Effendi, dan pengurus lain, baik dari MKA maupun DPH, serta sejumlah tokoh perempuan.

Dalam pertemuan dengan LAMR, baik H. Muhammad Nasir, maupun rombongan yang tergabung dalam Tim Nawaitu menyampaikan, bahwa kedatangan mereka ke LAMR Provinsi Riau, dalam rangka silaturahim, serta meminta tunjuk ajar kepada tokoh-tokoh adat yang ada.

Tim Nawaitu menyatakan sangat gembira, karena telah diterima dengan hangat oleh pengurus.

“Ya, kami datang secara khusus ke LAMR Provinsi Riau. Selain ingin bersilaturahmi, kami juga ingin mendapatkan arahan, tunjuk ajar dan masukan dari para tetua adat yang ada, dan berharap semoga dengan tunjuk ajar yang diberikan, maka kami dapat melangkah dengan baik dalam proses pencalonan gubernur dan wakil gubernur Riau,” ucap H. Muhammad Nasir dan H. M. Wardan.

Ketua Umum MKA LAMR Provinsi Riau, menyambut baik kedatangan H. Muhammad Nasir dan H.M. Wardan ke LAMR Riau.

“Kita tentu menyambut dengan hati yang lapang dan muka yang jernih, atas kedatangan bacalon gubernur dan wakil gubernru, Tuan H. Muhammad Nasir dan Tuan H. Muhammad Wardan ke LAMR Riau. Kita juga telah memberikan tunjuk ajar dan sejumlah pandangan kepada mereka berdua khususnya dan Tim Nawaitu, umumnya. Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik dan lancar, sebagaimana yang diharapkan,” kata Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf.

Selanjutnya, selaku Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat, Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf, berharap agar pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, juga pemilihan Bupati dan Walikota yang akan dilaksanakan serentak, dapat berjalan dengan baik dan penuh adab, khususnya menjunjung adab Melayu dan kepada bacalon dan atau calon nantinya dapat mengikuti prosedur yang sudah diatur ketentuannya berdasarkan peraturan perundang-undangan, mengedepankan adab Melayu dan menghindari politik uang (sogok menyogok).

“Kita tentu menginginkan agar pemilu kepala daerah yang akan datang, selain berlangsung dengan aman dan tertib, juga dilaksanakan dengan menjunjung tinggi nilai nilai adab dan tunjuk ajar Melayu,” pungkas Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf.

Menambahkan Datuk Seri, Datuk Afrizal Alang Sekum MKA LAMR mengharapkan juga bagi bacalon memaknai dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dimana air disauk disitu ranting dipatahkan.

Maksudnya Dimana kita berpijak (tinggal) maka wajib menjunjung tinggi adat dan budayanya dan Dimana kita berusaha (kehidupan) disitu kita meninggalkan tanda kebaikan untuk diingat dan dikenang oleh masyarakatnya. (***)