Patroli dan Sosialisasi Karhutla oleh Babinsa Koramil 04/Limapuluh di Pekanbaru

oleh -37 views
oleh

PEKANBARU (saturealita.com)-Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus digencarkan oleh Babinsa Koramil 04/Limapuluh Kodim 0301/Pekanbaru.

Pada Selasa, (11/6/2024) sekitar pukul 10.00 wib, Sertu Andi Saputra memimpin patroli dan sosialisasi berda wilayah hukum Koramil 04/Limapuluh.

Sementara itu, rute patroli menyisir daerah rawan kebakaran, mencakup Jalan Teluk Leok Ujung RT.03/RW.01, Pembina RT.05/RW.08, Limbungan RT.01/RW. 05, Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Timur.

Kemudian, Jalan Family Raya RT.01/RW.10 Pramuka Ujung Perum Indah Permai RT. 03/RW.10, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Kemping RT.01/RW.01, Lingkar Danau Buatan Dermaga I dan II, Pramuka Ujung, Danau Bandar Khayangan Kelurahan Sungai Ambang, Kecamatan Rumbai Timur.

Patroli ini, bukan hanya langkah preventif, tetapi juga ajang sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan.

Sertu Andi Saputra menjelaskan bahwa edukasi kepada warga mengenai dampak negatif Karhutla sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Koordinat lokasi Karhutla yang diwaspadai: Lintang 0.561666° Panjang 101.451488°

Temuan selama patroli:

Titik panas: Nihil
Titik Api : Nihil
Titik Asap : Nihil

Satu orang personel TNI dan satu anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) juga ikut serta dalam patroli ini, dilengkapi dengan satu unit sepeda motor patroli (SPM).

Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar, tanpa ada kejadian menonjol. Sertu Andi Saputra mengungkapkan rasa terima kasihnya atas hasil patroli ini.

“Kami bersyukur tidak menemukan adanya hotspot, titik api, atau asap. Ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan yang kami lakukan bersama masyarakat membuahkan hasil,” ujar Sertu Andi.

Upaya ini dilakukan terus menerus dan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hutan dan lahan dari ancaman kebakaran. Patroli dan sosialisasi ini adalah bukti nyata komitmen TNI dalam menjaga lingkungan dan melindungi masyarakat dari bencana Karhutla. (***/s.topan)