Tiga Atlet Disabilitas Asal Riau Lolos ke Paralimpiade 2024 di Prancis

oleh -188 views
Ketua National Paralympic Committee (NPC) Riau, Jaya Kusuma, Ahad (7/7/2024)

PEKANBARU (saturealita.com) – Tiga atlet disabilitas asal Riau berhasil lolos ke Paralimpiade 2024 yang akan berlangsung di Prancis pada Agustus mendatang. Mereka adalah Leani Ratri Oktila (bulutangkis), Syuci Indriani (renang), dan Leli Marlina (tenis meja). Ketiga atlet ini berhasil lolos setelah menjalani sejumlah seleksi ketat.

“Alhamdulillah, ada tiga atlet kita yang lolos ke Paralimpiade. Mereka akan bertanding membawa nama Indonesia,” ujar Ketua National Paralympic Committee (NPC) Riau, Jaya Kusuma, Ahad (7/7/2024).

Awalnya, lima paralimpian asal Riau dipanggil untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Solo. Namun, hanya tiga yang berhasil lolos seleksi, sementara dua atlet lainnya, Suparniati (para atletik) dan Roma Siska Tampubolon (para judo), tidak berhasil lolos.

Ketiga paralimpian yang lolos bukanlah nama baru dalam dunia olahraga disabilitas, karena mereka telah sering berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Jaya Kusuma mengapresiasi pencapaian ketiga atlet tersebut dan menegaskan bahwa tidak semua atlet bisa mencapai prestasi ini.

Jaya juga meminta agar ketiga atlet menambah jam latihan di luar jadwal yang sudah ditentukan untuk memaksimalkan persiapan mereka.

“Saya minta mereka menambah latihan secara mandiri. Karena yang tahu batasan diri kita itu, ya diri kita sendiri. Kalau masih bisa, tambahkan jam latihan mandiri,” pintanya.

Menurut Jaya, Paralimpiade adalah ajang tertinggi dalam olahraga disabilitas, sehingga persiapan harus dilakukan secara maksimal untuk mengharumkan nama Indonesia.

“Paralimpiade ini ajang tertinggi. Jadi jangan sia-siakan. Harus bisa mengharumkan nama Indonesia,” tegasnya.

Saat ini, ketiga atlet tersebut sedang berada di Solo, Jawa Tengah, untuk menjalani program Pelatnas. Mereka dijadwalkan akan bertolak ke Prancis pada Agustus 2024 untuk bertanding di Paralimpiade.

“Kami berharap ketiganya bisa berprestasi di Paris sehingga tidak dipandang sebelah mata. Harus berprestasi. Biar jangan disepelekan,” tutup Jaya Kusuma. (***/s.topan)