Jenderal Gatot Nurmantyo: Mayor Agus Belum Tersaingi

oleh
Jasa Website murah

JAKARTA, Saturealita.com–Tampan, cerdas dan berprestasi adalah sosok yang selalu disemtkan kepada Agus Trimurti Yudhoyono tat kala masih aktif menjadi prajurit TNI-AD. Agus atau yang kerap disapa AHY merupakan anak pertama Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedikit mengulas boigrafi Agus kebelakang, ia adalah merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, Magelang tahun 1997. Agus kemudian melanjutkan jejak ayahnya masuk ke Akademi Militer. Agus bahkan menjadi lulusan terbaik dengan menyandang gelar Adhi Makayasa tahun 2000.

Rehabilitasi narkoba

Lulus dari Akmil, cucu dari Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini bertugas di Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat.

Agus pernah ditugaskan ke Aceh untuk melakukan Operasi Pemulihan Keamanan. Dia juga pernah dikirim dalam Kontigen Garuda XXIII-A ke Lebanon pada 2006. Selain karier militer yang baik, Agus juga memiliki pendidikan yang cemerlang. Agus mendapatkan gelar Master dari Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University.

Agus juga berhasil menyelesaikan pendidikan militernya selama satu tahun di US Army Command and General Staff College (CGSC), Fort Leavenworth, Kansas, AS dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0. Ia menerima lencana internasional dari Deputi Komandan CGSC Mayor Jenderal Hughes.
Di saat bersamaan, Agus juga meraih gelar Master of Arts (MA) dalam Leadership and Management dari George Herbert Walker School of Business and Technology, Webster University juga dengan IPK 4,0.

Untuk diketahui, Penghargaan Adhi Makayasa merupakan bentuk apresiasi atas raihan prestasi terbaik para taruna semasa menjalani pendidikan. Ada tiga aspek yang jadi acuan untuk menetapkan peraih penghargaan ini, yang pertama taruna harus mendapatkan prestasi terbaik akademis, lalu terbaik jasmani dan terbaik kepribadiannya. Dan ke tiga aspek ini ada pada Agus.

Agus alias AHY merupakan peraih Adhi Makayasa pertama yang dan saat ini satu-satunya yang memiliki pangkat Mayor. Peraih Adhi Makayasa tahun 2000 itu hanya berpangkat Mayor TNI.
Sebelumnya tak ada seorang pun peraih Adhi Makayasa yang berpangkat setara dengan Mayor (purn) AHY. Paling rendah menyandang 2 bintang di pundak saat pensiun.

AHY mengabdikan diri pada TNI hingga berpangkat Mayor, sebab pada 2016 dia memutuskan untuk mundur dari TNI. Dia memilih mengabdi pada bangsa melalui jalur politik pada usia muda untuk melakukan perubahan bagi bangsa.

Dalam raihan prestasi tersebut, Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, sangat terkesima dengan pencapaian AHY di Akmil. Diungkap Gatot, belum ada yang mampu menyaingi prestasi yang diraih oleh AHY. Pasalnya, pria kelahiran Bandung 10 Agustus 1978 itu menjadi yang terbaik dalam hal mental, fisik, dan tentunya intelektual.

“Jadi Mayor Agus ini sejak SMA Taruna dia nomor satu. Nilainya sampai saat sekarang belum ada yang menyaingi. Kemudian ketika lulus dari Akademi Militer juga memperoleh Adhi Makayasa. Yang belum tersaingi adalah tiga-tiganya didapat, mental, fisik, dan intelektual waktu itu. Bapaknya belom jadi Presiden (RI) waktu itu,” ujar Gatot. (Md)

Print Friendly, PDF & Email