MTQ Tingkat Kelurahan Sukamaju Digelar, Yose: Benteng Generasi Muda Perbaikan Akhlak

oleh

PEKANBARU, Saturealita.Com-Meski sempat tertunda, akhirnya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, digelar Kamis (4/3/2021) di Masjid Al Mukminin, Gobah. Sebanyak 31 perserta dari 6 masjid dan 2 mushala yang ada di Kelurahan Sukamaju ikut ambil bagian dalam giat yang sudah diprogram setiap tahunnya itu.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yose Rizal Zein, mantan Bupati Siak H Arwin AS, Camat Sail Fahrudin Pangabean, Lurah Sukamaju M Ichfan, Ketua LPM Sukamaju, dan tokoh masyarakat sekitar lainnya.

Ketua Panitia Pelakasana MTQ Tingkat Kelurahan Sukamaju, Afriansyah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah keluarahan dan kecamatan yang telah memberi kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan MTQ tingkat Kelurahan dan Kecamatan Sail di Masjid Al Mukminin.

“Kita diberi amanah untuk melaksanakan kegiatan MTQ Tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Alhamdulillah, hari ini giat tahunan itu terlaksana dengan baik. Dari masjid dan mushala yang ada di keluarahan ini, sebanyak 31 peserta ikut ambil bagian. Untuk diketahui, dalam kegiatan ini kita hanya melombakan satu cabang saja, yakni tilawah. Jika dalam persiapan dan pelaksanaannya ada kekurangan, kami selaku panitia mohon maaf. Semoga untuk masa-masa kedepan akan lebih baik lagi,” ucap pria yang akrab disapa Yayan ini.

Yayan juga mengatakan, mestinya pelaksanaan MTQ ini sudah digelar pada bulan lalu. Namun karena ada masalah tehknis terkait persiapan, maka baru bisa dilaksanakan pada Kamis 4 Maret 2021 pagi ini.

“Ada beberapa kendala yang menyebabkan kegiatan ini menjadi molor. Tapi alhamdulillah, hari ini semua sudah tuntas kita laksanakan. Dan saat ini kita mempersiapkan untuk helat tingkat kecamatan. Mudah-mudahan pelaksanaannya nanti jauh lebih baik dari sekarang,” pungkas Yayan yang juga Ketua LAMR Kecamatan Sail ini.

Camat Sail, Fahrudin Pangabean yang membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kelurahan Sukamaju Tahun 2021 dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi kesiapan panitia yang dinilai sangat baik.

Dia juga menyampaikan, ajang MTQ ini memang sudah menjadi agenda tahunan diberbagai tingkatan sebagai upaya persiapan untuk menyongsong perhelatan pada jenjang yang lebih tinggi. Oleh karenanya diharap kepada semua peserta benar-benar menunjukkan kemampuannya agar bisa lanjut ke tingkat kecamatan.

“Hasil dari MTQ tingkat Kelurahan ini akan diikutkan pada MTQ tingkat Kecamatan Sail yang akan dilaksanakan pada Sabtu (6/3/2021) mendatang,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen mewakili pemerintah Kota Pekanbaru dalam sambutannya mengatakan, saat ini kenakalan remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Makanya dengan adanya lomba baca Al-Qur’an ini diharap bisa membentengi kawula muda dari kegiatan-kegiatan yang negatif.

“Yang namanya kenakalan remaja saat ini sudah sangat merisaukan. Lebih-lebih soal maraknya peredaran narkoba di tengah-tengah masyarakat. Ironisnya, narkoba ini sudah merambah sampai tingkat anak-anak. Jika hal ini terus dibiarkan, mau jadi apa generasi penerus bangsa ini?” ucap Yoserizal.

Yose yang juga dikenal sebagai seorang seniman ini sangat berharap dengan kegatan MTQ bisa menekan angka kenakalan ditingkat remaja. Setidaknya, dengan ‘membuminya’ Al-Qur’an lewat Maghrib mengaji, tadarus di Masjid, bisa menjadi filter bagi kebaikan akhlak generasi muda kedepan.

Terpisah, Lurah Sukamaju, Muhammad Ichfan disela-sela pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan Sukamaju juga sangat mengapresiasi antusias masyarakat dalam upaya menyukseskan kegiatan tersebut.

Dikatakannya, Musabaqah Tilawatil Qur’an bukan hanya sebagai syiar Islam dan kesemarakan semata, akan tetapi Al-Qur’an harus difungsikan sebagai penuntun kehidupan umat, sehingga terwujud kualitas kehidupan beragama yang semakin baik.

“MTQ perhelatan yang sudah melekat di hati masyarakat karena diselenggarakan secara sistematis, rutin dan berjenjang setiap tahunnya. Mulai dari tingkat desa sampai tingkat nasional. Harapan saya, qori dan qoriah kelurahan sukamaju bisa berkiprah di tingkat kecamatan nantinya,” pungkas Ichfan.(***/rilis)

Print Friendly, PDF & Email