Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Efektivitas Literasi Ilmiah Sistim Phet Colorado

oleh
SMPN 05 Dayun,Kamis-21 Juli 2022 (Tim Kukerta UNRI melaksanakan kegiatan sosialisasi pemanfaatan teknologi digital untuk efektivitas literasi ilmiah dengan demonstrasi Phet Colorado)

SIAK,Saturealita.com-Sebuah daya tarik sendiri yang dilakukan sekelompok Mahasiswa Universitas Riau (Unri) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Banjar Seminai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Progam kegiatan Kukerta Mahasiswa Unri, mengangkat tentang Literasi Ilmiah berbasis Phet Colorado yakini, kemampuan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

“Menurut hemat kami, sebagai seorang peserta didik, literasi ilmiah sangat diperlukan agar membentuk sikap kepekaan terhadap lingkungan dan mampu mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan secara matang,” kata Ketua Tim Kukerta Mahasiswa Unri, Naufal Firdaus melalui anggotanya Duta Rahmathul Azizah, Senin, (15/8/2022) lewat via WhatsAppnya.

Dirinya menambahkan, sebuah program internasional bernama PISA (Program for International Student Assessment) bergerak untuk memonitor hasil dari sistem pembelajaran yang diterapkan dalam sebuah negara yang berkaitan dengan pencapaian belajar siswa jenjang sekolah menengah. Terdapat tiga bidang utama yang menjadi pengukuran PISA yaitu matematika, sains, dan literasi.

Berdasarkan data pengukuran PISA pada tahun 2018, Indonesia berada dalam urutan ke-74 atau peringkat 6 terbawah. Ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia masih belum mampu menjamin kemampuan peserta didik di bidang matematika, sains, dan literasi.

“Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi digital kini mampu menjadi sarana yang tepat guna sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Phet Colorado,” ucapnya.

SMPN 05 Dayun, Kamis-21 Juli 2022 (Tim kukerta UNRI melakukan demonstrasi Phet Colorado kepada siswa-siswa kelas 8 dan 9)

Tepatnya pada hari Kamis, 21 Juli tahun 2022, Tim Kukerta Unri Desa Banjar Seminai Kabupaten Siak melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi digital untuk efektivitas literasi ilmiah dengan demonstrasi Phet Colorado.

Kegiatan bertempat Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 05 Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Sri Indrapura. Meskipun di jenjang SMP belum begitu menekankan pada pembelajaran matematika dan sains secara spesifik, namun sosialisasi ini bermaksud mengenalkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami untuk matematika dan sains.

Tentang Phet Colorado, salah satu metode pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar di laboratorium virtual.

Metode pembelajaran ini menghadirkan simulasi pembelajaran yang interaktif di bidang sains dan matematika.

Pembelajaran yang interaktif ini mampu meningkatkan antusias peserta didik dalam belajar dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar.

“Peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta didik di bidang matematika dan sains ini, kita harapkan mampu mendorong peningkatan peringkat PISA Indonesia. Kemudian dengan meningkatnya skor PISA Indonesia, ini akan menjadi acuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia,” (***).

Jasa Website Pekanbaru