Menyikap Tabir Reaksi Seniman Riau, GHN Taja Pameran Seni Rupa “reARTsi”

oleh -147 views

PEKANBARU,Saturealita.com-Galeri Hang Nadim (GHN) kembali menaja pameran seni rupa kontemporer bertajuk “reARTsi”, yang dibuka Sabtu, (3/6/2023) oleh Kepala Galeri Hang Nadim- Furqon Elwe.

Pada kesempatan yang sama juga akan di ada Happening Art oleh seniman Tari Kontemporer Amnesa Aryana. Pameran yang bertempat di Anjungan Kampar, kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) dibuka untuk umum hingga tanggal 24 Juni 2023 mendatang.

“Ini merupakan pameran kedua pada tahun ini, setelah pameran kaligrafi “Waw”, bulan Maret-April lalu,” kata Furqon Elwe, kepala GHN saat pembukaan pameran.

Pameran re-ART-si sendiri merupakan respon GHN terhadap fenomena kehidupan berkesenian di Riau. “GHN berazam untuk konsisten menaja pameran seni rupa. Ini bentuk reaksi kami terhadap kondisi berkesenian di Riau,” papar Furqon kembali.

Sementara itu kurator GHN Fachrozi Amri mengatakan pameran kali ini menjadi kesempatan bagi 13 seniman/perupa memberikan pandangannya terhadap reaksi akal penciptaan seninya.

“Ada 16 karya seni berbagai medium seperti lukisan, grafis, seni instalasi, seni fotografi untuk dapat menuangkan keinginan atau ungkapannya yang pernah mereka alami dan rasakan (langsung atau tidak), sehingga munculah rasa kesan akan kebermaknaan ke dalam sebuah reprentasasi karya seni. Ini merupakan sikap reaktif seniman,” kata pria yang akrab disapa Ozi ini.

Adapun perupa yang berpameran kali ini adalah Acong, Akil KM07, Alza Adrizon, Cak Winda, Fitri Yohanes, Hasan Ati, Ibnu Mubarak, Jati Wahyono, Jefri Rahmat, Kodri Johan, M Raditya Perdana, Rads dan Yelmi Nanda Resti. Pengunjung pameran dikenakan tiket masuk Rp10.000,-/orang pada tanggal 4-24 Juni pada jam kunjung mulai pkl.10.00 pagi sd 21.00 WIB. (***/rilis)