Tragis!! Banjir Bandang Menghanyutkan Rumah dan Pemiliknya di Sumbawa

oleh -169 views
Tampak pemilik rumah hanyut dengan rumahnya di Sumbawa saat banjir bandang (photo tangkapan layar)

SUMBAWA (saturealita.com) – Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi saksi tragedi banjir bandang pada Jumat, 9 Februari 2024. Luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumbawa memicu banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Akibatnya, empat rumah terseret derasnya air, menghanyutkan pemiliknya dalam keadaan tragis. Video viral menunjukkan seorang pria berjuang bersama rumahnya yang hanyut, menciptakan gambaran dramatis kekuatan alam yang melibatkan kehidupan dan aset.

Selain empat rumah yang hanyut, 1.489 rumah lainnya terendam dengan ketinggian mencapai 2 meter. Ribuan rumah yang terendam tersebar di enam kelurahan, antara lain Kelurahan Samapuin, Kelurahan Pekat, Kelurahan Brang Bara, Kelurahan Bugis, Kelurahan Brang Biji, dan Kelurahan Lempeh.

Pihak berwenang segera merespons kejadian tersebut dengan melakukan evakuasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Tim penyelamat bekerja keras untuk mencari korban yang mungkin terjebak di tengah banjir bandang.

Bupati Sumbawa, dalam konferensi pers, menyampaikan keprihatinan mendalam dan memastikan bantuan segera tiba di lokasi. Masyarakat dan lembaga kemanusiaan juga ikut memberikan dukungan untuk membantu proses pemulihan dan rehabilitasi di daerah yang terkena dampak.

Kejadian ini menjadi pengingat akan kerentanan daerah terhadap bencana alam, menegaskan perlunya perencanaan dan mitigasi risiko yang lebih baik untuk melindungi warga dan aset mereka dari ancaman serupa di masa mendatang. (***/s.topan)

saturealita