Prof Suwardi MS Sajikan Makalah Tentang Empire Johor, Riau, Lingga

oleh
Prof Suwardi MS
Jasa Website murah

PEKANBARU Saturealita.com- Ditengah kabut asap menyelimuti wilayah Provinsi Riau, Prof Suwardi MS menyempatkan diri menulis sebuah makalah dengan judul, Empire Johor-Riau-Lingga, pada tahun1513-1824, tentang lahir pahlawan Riau Raja Haji Fisabililah dan tahun 1782-1784 riwayat Sultan Mahmud, hingga masa perperangan ditahun 1761-1812.

Tulisan ini akan disajikan dalam seminar tahunan Singgasana Johor pada tanggal 24 September 2019 mendatang di Malaka Johor Baru.

Rehabilitasi narkoba

“Alhamdulillah, saya sedang menyelesaikan sebuah makalah yang nantinya akan dipaparkan dalam seminar tahunan Singgasana Johor”,katanya, Jumat (20/9/2019) bertempat dikediamanya Jalan Patimura Pekanbaru.

Dikatakan Prof Suwardi MS, seminar nanti juga akan disi oleh DR Elya Roza dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) dengan mekalah Manuskrip Melayu Johor.

Namun, pada kesempatan ini pula, sebenarnya pemakala-pemakala Riau lainnya ada yang meminta untuk ikut terlibat, akan tetapi dari pihak penyelenggara menyatakan sudah penuh.

Suawardi berharap, makalah yang akan disajikan nantinya, mudah-mudahan, mampu membuka takbir, bahwa masa sebelum kemerdekaan, Riau mempunyai jati diri yang mampu membagikan Sumber Daya Alam (SDA) untuk bangsa ini.

Kemudian, makalah Empire Johor-Riau-Lingga, pada tahun1513-1824, merupakan kerajaan Melaka pertama dan ditaklukan oleh frotugis, pada tahun 1511.

“Maka dari itulah, catatan sejarah saya, Ibu kota kerajaan Melaka semulanya berada di Johor, lalu pindah ke Kampar dan membentuk kerajaan, dibantu oleh raja Narasingga Indaragiri yang dipimpin Raja Sulatan Mahmmud Syah I”, pungkasnya (***)

Print Friendly, PDF & Email