Patroli Gabungan Babinsa dan MPA Cegah Karhutla di Pekanbaru

oleh -39 views

PEKANBARU (saturealita.com)-Dalam upaya mencegah potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 04/Lph, Kodim 0301/Pekanbaru, Sertu M. Isak bersama anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan patroli gabungan, pada Rabu, (24/4/2024). Kali ini, patroli dilaksanakan di sekitar Jalan Tanjung Datuk, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh Kota, Pekanbaru, Riau.

Dengan menggunakan satu unit SPM, tim patroli berhasil menjelajahi wilayah tersebut pada Rabu, 24 April 2024, pukul 12.05 WIB. Melalui koordinat Lat 0.°524583° dan Long 101.°397578°, mereka memantau keberadaan hotspot, titik api, dan titik asap.

Hasil patroli menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya hotspot, titik api, ataupun titik asap yang dapat menandakan adanya potensi kebakaran. Hal ini menunjukkan efektivitas dari langkah-langkah pencegahan yang telah diimplementasikan di wilayah tersebut.

“Kegiatan patroli ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat dari ancaman Karhutla,” jelas Sertu M. Isak.

Sert M. Isak selalu aktif berinteraksi dengan masyrakat dan selalu mengajak masyarakat untuk selalu bekerjasaama dalam menangani persoalan karhutla demi keamanan lingkungan.

“Kami terus mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membakar sampah sembarangan,” kata Sertu M. Isak.

Patroli gabungan ini melibatkan satu anggota TNI dan satu anggota MPA. Langkah preventif seperti ini diharapkan dapat meminimalkan risiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup bersama. (***/s.topan)