Zona Banjir, Satgas Pra TMMD Bangun Pondasi Lantai RTLH Posisi Tinggi

oleh -25 views
Satgas Pra TMMD bangun pondasi lantai RTLH posisi tinggi, cegah banjir.

PEKANBARU (saturealita.com)- Di tengah ancaman wilayah banjir, personil satgas Pra TNI Manunggal Membangun Desa (Pra TMMD) ke 120 di Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, Minggu (05/042024. Mereka bahu membahu memrehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Letda Kav Heri Kurniawan Kaur Komsos Kodim 0301 PBR mengatakan sebanyak 40 personil satgas kita turunkan untuk menrehab RTLH di Kelurahan Meranti Pandak.

Dikatakannya lagi, keberadaan wilayah Meranti Pandak memang masuk zona wilayah banjir, karena berdekatan dengan pinggir sungai Siak. Jika masuk musim penghujan daerah ini akan berakibatkan banjir yang bisa diatas mata kaki kita.

“Untuk itu, satgas Pra TMMD menrehab RTLH dengan sudut pondasi lantai rumah tinggi semua itu dilakukan agar tidak ada terdampak banjir bagi rumah warga yang kita rehab ini,” jelasnya.

Nanti kita akan juga melakukan pekerjaan fisik dengan membangun drainase, berharap dengan pembangunan drainase tersebut, dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam mempercepat proses penataan sistem drainase sebagai solusi atas banjir yang selalu menjadi masalah rutin disaat musim hujan.

“Jadi, tujuan dari pelaksanaan pembuatan pondasi lantai yang tinggi dan drainase untuk mencegah banjir tidak memasuki rumah, sehingga menjadi aman bagi penghuni rumah tersebut,” jelas Letda Kav Heri Kurniawan.

Pelaksanaan Pra TMMD kita berharap masyarakat lebih merasakan adanya perhatian pemerintah khususnya TNI AD kepada masyarakat.(**/fredy)