H.Yusko Pimpin Suku Koto Sedunia Wilayah Riau Periode 2022-2027

oleh -295 views

PEKANBARU,Saturealita.com-Pemilik Yobe Group bernama H. Yusrizal Koto terpilih secara aklamasi sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Payung Panji Suku Koto Sedunia (PPSKS) periode 2022-2027.

Terpilihnya secara aklamasi, tertuang dalam Musyawarah wilayah (Muswil) I pada Ahad (24/7/2022) bertempat, Hotel Akasia Pekanbaru, dihadiri delapan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten kota se- Riau yang sudah terbentuk.

Muswil I PPSKS Riau dihadiri ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPSKS H. Datuak Damsuar Koto. Selain itu, juga tampak hadir pembina PPSKS Ir H Marjoni Hendri Koto, Bundo Kanduang PPSKS Pusat Hj. Asparida Koto, Kepala Mudo PPSKS pusat Karnius Koto, ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Djanotabek Anton Wijaya Koto.

Ketua DPP PPSKS Damsuar Koto dalam sambutanya menegaskan, pentingnya tentang persatuan, kompak, kekeluargaan dan sinergitas Suku Koto dengan suku lainya yang ada di Riau untuk sebuah persatuan.

“Kekuatan sebuah kelompok maupun organisasi terlihat dari solidaritas yang tinggi dimiliki setiap anggotanya. Dengan sifat inilah, visi dan misi dapat dirancang dan bisa dengan mudah terwujud,” katanya.

Ditempat yang sama, H Yusrizal Koto menyampaikan, kalau keberadaan PPSKS di Riau mempunyai persepsi yang sama dengan Pengurus Pusat PPSKS, bahwa harapan dan tujuan untuk menciptakan persatuan serta kekompakan.

“Maka dari itu, setelah kami menyusun kepengurusan PPSKS wilayah Riau, salah satu progam yang akan dilakukan nantinya diharapkan bisa berjalan dengan baik. Untuk langkah awal, memberikan bantuan bergulir untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada Suku Koto yang melakukan usaha dagang dengan catatan bantuan bergulir tidak berbunga,” sebut H Yusko begitu sapaan akrabnya.

Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan DPW PPSKS di Riau untuk meningkatkan rasa solidaritas, kekeluargaan dan kebersamaan. Salah satunya yang mudah adalah dengan saling bertukar informasi dan saling memberikan informasi tentang Suku Koto di Riau.

“Kami akan membentuk seluruh pengurus daerah Suku Koto di Riau, saat ini baru terbentuk delapan daerah dan kami akan melakukan pendataan seluruh Suku Koto di Riau dengan cara menyediakan formulir isian untuk data base,” ujar Yusko bersemangat seraya menyampaikan bantuan usaha bergulir tanpa bunga kepada Suku Koto yang membutuhkan.

Sebelum dilakukan Muswil perdana, Karnius Koto yang juga menjabat Kapalo Mudo DPP PPSKS pusat menerima mandat untuk melakukan pembentukan pengurus wilayah Riau suku koto sedunia. (***)