Mahasiswa Kukerta UNRI Sulap Minyak Bekas Menjadi Lilin Aromaterapi

oleh -268 views
Lilin Aromaterapi terbuat dari bahan Minyak bekas

KAMPAR,Saturealita.com-Sebanyak sembilan Mahasiswa Universitas Riau (Unri) melakukan Kuliah kerja nyata (Kukerta) bertempat Desa Muara Bio Kampar Kiri Kabupaten Kampar.

Kegiatan yang berlangsung sejak 4 Agutus 2023 kemarin, akan mengembangkan minyak bekas yang didaur ulang menjadi lilin aromaterapi.

“Kali ini, Mahasiswa kami dalam Kukerta mencoba untuk mengembangkan minyak bekas yang diambil dari rumah tangga terdekat untuk didaur ulang menjadi lilin aromaterapi,”sebut Drs Yoskar Kadarisman M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, Sabtu, (5/8/2023).

Dikatakan Yoskar sembilan Mahasiswa tersebut terdiri dari Angga Edi Prabowo selaku Ketua Kelompok, Afrizal, Melani Adelia Rifda, Rindu Khairunisya (Ilmu Pemerintahan, FISIP). Sementara yang lainnya seperti Emi Septiani (Kepelatihan Olahraga, FKIP), Rahmatul Dani (Pendidikan Ekonomi, FKIP), Virly Anita Adilla Hrp (Pendidikan Ekonomi, FKIP), Audri Ruth Nathalia Simamora (Akuntansi, FEB) dan Septiariani Mardiana Dosithami (Akuntansi, FEB).

Mahasiswa Unri Kukerta bersama ibu PKK desa Muara Bio Kampar

Disebutkannya, para Mahasiswa Kukerta mendapat respon dan dukungan yang baik dari masyarakat setempat terhadap program kerja yang telah dilaksanakan.

Mahasiswa Kukerta UNRI juga telah melakukan promosi pada kanal Youtube (@KukertaMuarabioUNRI2023) dan Instagram (@kukerta_muarabio23) dengan tujuan minyak bekas dapat digunakan kembali dan menjadi barang yang lebih berguna.

Bahan pembuatan lilin aromaterapi yang digunakan berupa minyak bekas, arang, stearin acid, crayon (pewarna)minyak kayu putih atau serai (pewangi) dan benang katun.

Dari beberapa bahan yang sudah disebutkan diatas, terdapat bahan-ahan yang langka dan sulit didapatkan di Desa Muara Bio. Salah satu bahan yang sulit untuk didapatkan yaitu stearin acid, yang mana bahan tersebut merupakan bahan utama untuk menjadikan minyak bekas menjadi beku seperti lilin.

“Dengan adanya demonstrasi pembuatan lilin dari minyak bekas yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta UNRI membuat kami menjadi lebih kreatif dalam mengelola limbah agar tidak merusak lingkungan dan juga membantu kami dalam meningkatkan UKM desa ,” ucap Wati salah satu warga.

Demonstrasi pembuatan lilin minyak bekas juga dilakukan bersama ibu-ibu PKK setelah pelaksanaan wirid mingguan dengan anggota yang hadir berjumlah 25 orang.

Harapan atas kegiatan Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Muara Bio adalah agar masyarakat setempat dapat mengolah kembali limbah sisa rumah tangga menjadi barang yang lebih berguna khususnya minyak bekas.

Kemudian melatih kreativitas masyarakat dalam pemanfaatan limbah rumah tangga dan dapat dipasarkan agar menjadi sumber pendapatan tambahan. (***)